:
MEMBUAT TOMBOL PLAY/STOP SOUND POWERPOINT UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN


 

Membuat media pembelajaran berbasisi TIK dengan Microsoft PowerPoint yang perlu diperhatikan adalah file flash, file movie, file Sound dan file PowerPoint hendaknya berada dalam satu Folder. Misalnya Folder FLUIDA  untuk media pembelajaran fluida dan nama file PowerPoint/PowerPoint Show bisa berinama Mulai, Starting, Fluida atau nama lain yang familier sebagai navigasi pengguna untuk membuka file yang pertama dari banyaknya file yang terdapat dalam folder. File sound dapat berupa lagu, MP3, narasi yang digunakan untuk media pembelajaran mandiri dll.

 

Gb1. Sound pada slide

 

1. Insert Sound

 

insertsound2

Gb2. Insert sound (1) tombol navigasi (2 dan3)

 

Insert Sound PowerPoint 2007 dapat dilakukan dari menu Insert - Sound pilih Menu from file, tentu sebelumnya sudah tersedia file sound pada folder yang akan di-link lalu OK. Pada slide akan muncul sound loudspeaker warna gold seperti Gb2. nomor 1 di atas. Sedangkan Gambar nomor 2 dan 3 adalah tombol yang akan digunakan sebagai navigasi sound Play/Stop yang nantinya akan diletakkan bertumpuk seperti pada Gb1 di atas.

Jika tombol Play/Stop ingin berada pada setiap slide maka tombol tersebut harus diletakkan pada slide master berada di menu View pilih slide master. Apa saja yang diletakkan di slide master akan muncul pada setiap slide.

Agar gambar insert sound tidak tampak saat slide tayang, klik gambar pada Option ceklis Hide Juring Show.

Setelah meletakkan obyek pada slide master close slide tersebut kembali ke slide kerja PowerPoint.

Lakukan insert sound pada slide master.

 

insertsound3

Gb3. Custom Animation Sound

 

Tambahkan animasi pada sound dengan klik gambar loudspeeker kemudian pada Custom Animation Add Effect Sound Actions pilih Stop, maka akan tampak seperti Gb3. di atas.

Dua action Animation Play dan Stop masing-masing akan di-trigger oleh tombol loudspeeker nomor 3 dan nomor 2.

 

insertsound4

Gb4. Effect Options

 

Klik action animation play pada Timing klik Triggers dan klik Start effect onClik of lalu pilih obyek untuk me-triggers Play yaitu ektensi obyek Gb2. nomor 3. Animasi yang akan terjadi jika tombol tersebut di klik akan muncul loudspeeker nomor 2 dan memainkan sound, jadi yang me-triggers nomor 3.

 

insertsound5

Gb5. Action Animation Play/Stop

 

Lakukan dengan cara yang sama untuk Action Stop ditriggers gambat loudspeeker nomor 2. Lengkapi action animation seperti Gb5.

Arti Action animasi Gb5. adalah Picture 2 exit yang ada pada sile Picture 3 (loudspeeker Stop). Ketika diklik (Triggers: Picture 3) Picture 3 akan exit berbarengan muncul Picture 2 berbarengan Play sound. Begitu juga jika Picture 2 diklik, Picture 2 akan exit berbarengan muncul Picture 3 berbarengan Stop sound dan seterusnya. Jangan lupa setelah action animasi selesai tumpukkan picture 2 dan 3 lalu tempatkan yang sesuai misal seperti Gb1  di atas.

Action animasi di atas dapat dilakukan klik loudspeeker insert sound Add Effect-Entrance-Appear tambah Add Effect-Exit-Disappear lakukan beberapa sesuai action di atas untuk menempatkan posisi drag (gusur) letakkan yang sesuai.

 

insertsound6

Gb6. Action Animation Play/Stop Sound Play

 

Jika menginginkan ketika PowerPoint ditayangkan sound langsung Play Action animasi seperti Gb6. di atas.

Kita masih berada di slide master tutup slide tersebut dan tambah beberapa slide maka tombol Stop/Play akan muncul di setiap slide.

Selamat berkarya mudah-mudahan pembelajaran lebih efektif dan effisien

 

tz-fisika.net   Full Animation Physics 

Add comment


Security code
Refresh